Resep Kue Wingko babat

ani suwito July 25, 2012 31


resep kue wingko babat

Resep Kue Wingko babat

Tahukah kamu sebenarnya dari manakah kue Babat berasal ? Mungkin kebanyakan orang mengenal kue babat sebagai makanan khas semarang. Namun sebenarnya Kue babat berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Lalu mengapa bisa menjadi makanan khas Semarang? Ini diawali pada tahun 1949, pada tahun itu terjadi kerusuhan Desa Babat, Kabupaten Lamongan (yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro). karena terjadi kerusuhan salah satu keluarga dari desa Babat (yang mengerti resep kue wingko babat)  pergi mengungsi ke Semarang dan menjual makanan wingko.

Ketika si penjual ditanya oleh pembeli, apakah nama kue ini, Si penjual mengatakan “ini Wingko Babat”, sejak saat itulah Kue Wingko Babat menjadi nama makanan dan populer sebagai salah satu makanan khas Semarang.

Tertarik ingin mencoba membuat kue wingko babat? silahkan ketahui cara membuat kue wingko babat di bawah ini. Soal bahannya jangan khawatir, karena bahan-bahan untuk membuat Kue WIngko babat ini mudah didapatkan.

Resep Kue Wingko babat

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue wingko babat khas semarang adalah sebagai berikut :

  1. Tepung ketan 500 gram
  2. tepung kanji 50 gram
  3. gula pasir 350 gram
  4. santan kental dari satu butir kelapa 250 ml
  5. Kelapa setengah matang 350 gram (kupas, diparut memanjang)
  6. margarin 1 sendok makan
  7. daun pandang 1 lembar (disimpulkan)
  8. garam halus 1/2 sendok teh
  9. pasta vanili atau vanili bubuk 1/2 sendok teh
  10. daun pisang atau kertas minyak untuk alas

Bahan Olesan wingko babat

  1. kuning telur 2 butir
  2. margarin 1/2 sendok makan

Cara membuat kue wingko babat

Setelah bahan-bahan untuk membuat kue wingko babat di atas terkumpul, sekarang saatnya membuat kue wingko babat dengan panduan di bawah ini :

1. Rebus santan, gula pasir, garam dan daun pandan sampai mendidih. Pastikan sampai mendidih dan tekstur agak mengental.

2. Di tempat terpisah, campur tepung ketan, tepung kanji, kelapa parut, margarin dan vanili kemudian aduk rata. Setelah rata, tambahkan rebusan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk sampai kalis dan berminyak.

cara membuat kue wingko babat

3. Siapkan loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak atau daun pisang. Setelah loyang siap, tuang adonan wingko tadi di atas loyang, lalu ratakan.

cara membuat kue wingko babat

4. Panggan dengan oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 20 menit, setelah 20 menit keluarkan kue dari oven, olesi permukaan kue wingko babat dengan bahan olesan. Setelah diolesi, panggang lagi selama 25 menit atau sampai kue wingko babat benar-benar matang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat kue tersebut kemudian dinginkan.

cara membuat kue wingko babat

5. Setelah kue wingko babat dingin, potong-potonglah kue menjadi beberapa bagian, kemudian bungkus dengan kertas minyak atau plastik.

resep kue wingko babat

Itulah penjelelasan mengenai resep kue wingko babat, semoga resep kue di atas bisa kamu praktekkan. Dan menghasilkan kue wingko babat yang enak dan disukai banyak orang, *lebay total deh*

 

31 Comments »

  1. Ny.Dexa March 15, 2009 at 2:12 am -

    Boleh jg tuch d coba.. Cuma, klo bisa lbh detail tiap prosesny. Makin bagus tuh.. Kita nyobany.

  2. Winda March 19, 2009 at 6:38 am -

    Wuach enak nich. Jd kangen pgn plg kejawa. . . . .
    Tks nich resepnya, simpel buanget.

  3. Aulya April 20, 2009 at 6:14 am -

    Aduuh…Trnyata sgampang itu ya,bikin kue yg rasanya uwenak tenan….

  4. amien April 27, 2009 at 7:17 am -

    thanxs ya resepnya!! nih salah satu kue tradisional kesukaan gw!!! Maknyus

  5. AFIF May 17, 2009 at 6:16 am -

    KALAU DI JUAL DAPET UNTUNG BANYAK GAK ??
    ATAU NGUNTUNGIN GAKKKKKK ??????

  6. Bu Chiki May 19, 2009 at 10:33 am -

    Kyaky uenak nich..jd pngn aq yok gw yok..

  7. Vega June 11, 2009 at 1:29 pm -

    Ya ini yg aq cari.. Akhirnx ktmu jg..

  8. Rhanie July 21, 2009 at 10:18 am -

    Nyobain buwat pwenting tuch..

  9. lutfatin August 11, 2009 at 1:30 pm -

    Em..yummey..uuuuueenakk..benerrrr!!

  10. Heru S. November 20, 2009 at 2:46 am -

    ya ….. kebetulan lagi ada pesanan nih, trims banyak ya

  11. ummu ulya February 5, 2010 at 7:14 am -

    wah asyik,,,ternyata semudh itu caranya,,pdhl rasanya wenaaaaaaaak,, izin cofy resepnya ya.,mau dicoba..trims

  12. Yanuar June 24, 2010 at 7:46 pm -

    Menarik n simpel utk dicoba…

  13. CHEF GALUH June 28, 2010 at 10:12 pm -

    BGS TU! BISA DI COBA

  14. dimas July 25, 2010 at 2:23 am -

    ih wingkosolo juga ueenak kok

  15. hepi hanari August 20, 2010 at 12:11 pm -

    mau tanya kan diresep tertulis santan 150 gram,itu salah gak si?harusnya kalo santan pakenya ml bkn gram.yg benar yg mana.trimakasi

  16. ani August 21, 2010 at 3:02 am -

    InsyaAlloh akan saya coba nanti, buat camilan dirumah, semoga suami menyukainya…
    trimakasih

  17. kiki September 9, 2010 at 4:29 am -

    mau nyoba mbuat nihh

    makasihh y resepny

  18. Rifkha September 22, 2010 at 8:07 am -

    Resepx yg elit tp mrh mriah.

  19. Anas October 14, 2010 at 7:11 am -

    Kok ada nangka sih, lalu garamnya kemana???

  20. endra October 18, 2010 at 9:02 am -

    emang aku pengen banget bikin kue kering jd nggak perlu beli diluar deh….. biar disyg suami

  21. Rose November 5, 2010 at 8:04 am -

    Wah..makash bgt nih resepny. Dah lm pingin buat tp ga tw carany..

  22. Bunda Dewi December 20, 2010 at 8:53 am -

    akhirnyaketemu juga, sudah lama cari resep wengko…
    Thank’s ya sudah bagi2 ilmu….

  23. Hilda Ervina February 24, 2011 at 2:25 am -

    hrs ada nangka ny y, klo d ganti sm yg laen, ato tanpa nangka, bs gk ????

  24. muhammad khozin March 14, 2011 at 3:48 pm -

    wah..thanks a lot ya…soalnya sdh coba kadang2 jadi..kadang2 tdk oke sip !

  25. makmun April 14, 2011 at 6:37 am -

    jadi kepingn nih, minta resepnya donk.

  26. enggan ratna April 15, 2011 at 6:22 am -

    top markotop..yummy food

  27. censha rahana August 8, 2011 at 4:52 am -

    mau coba accccccchhhhh enak kayaknya ….yumiii …yumiii

  28. galih August 19, 2011 at 2:32 am -

    ayam

  29. irma yan pratiwi March 7, 2012 at 3:44 pm -

    em..kra” kue wingko ini bisa tahan hingga brpa lama y?
    tgl 7/3/2012 11;00

  30. 4inf0.in August 9, 2012 at 10:09 am -

    Wah… Enak kali ya, bikin sendiri asiik

  31. Gie September 12, 2012 at 12:36 pm -

    Kebetulan saya dapet kue Wingko Babat dari temen nih..
    tmn abis mudik dari yogya terus pulang ke bekasinya saya di kasih oleh oleh…

Leave A Response »

Top BlogsFood & Drink Blogs
Food & Drink blogs