Resep Puding jeli susu saus markisa

ani suwito October 10, 2008 5



Untuk 16 potong

Bahan jeli
500 ml air
75 gram gula pasir
1 sendok teh jeli instan
½ bungkus agar agar bubuk
1 tetes pewarna merah cabai
5 tetes esens stroberi
3 tetes pewarna orange
5 tetes esens jeruk
1 tetes pewarnah hijau tua
5 tetes esens melon
3 tetes pewarna ungu
5 tetes esens vanila

Bahan puding susu :
1.200 ml susu cair
200 gram gula pasir
1 ½ bungkus agar agar bubuk
2 kuning telur

Bahan saus :
500 ml air
200 ml sirup markisa
1 sendok makan tepung maizena dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental
1 buah markisa, diambil buahnya

Bahan pelengkap :
Buah koktail kaleng

Cara membuat Puding Jeli :

  1. Jeli : rebus air, gula pasir, jeli instan, dan agar-agar sambil diaduk sampai mendidih
  2. Bagi empat bagian. Satu bagian ditambahkan pewarna merah cabai dan esens stroberi. Satu bagian ditambahkan pewarna orange dan esens jeruk. Aduk tiap adonan
  3. Satu bagian ditambahkan pewarna hijau tua dan esens melon. Satu bagian ditambahkan pewarna ungu dan esens vanila. Aduk tiap adonan
  4. Tuang masing-masing jeli di cetakan setengah lingkaran kecil. Bekukan
  5. Puding susu : rebus susu cair, gula pasir dan agar agar sambil diaduk sampai mendidih. Matika api
  6. Ambil sedikit adonan. Tuang ke kuning telur. Aduk rata. Tuang campuran tadi ke rebusan puding sambil diaduk sampai rata. Nyalakan api. Aduk sampai mendidih lagi
  7. Tuang selapis adonan di loyang tulban bermotif diameter 24 cm, tinggi 7 cm. Biarkan setengah beku. Tabur jeli warna warni. Lakukan sampai adonan habis. Bekukan
  8. Saus : rebus air dan sirup markisa sambil diaduk sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk sampai meletup-meletup. Tambahkan buah markisa. Aduk rata.
  9. Sajikan puding dengan sausnya dan pelengkapnya

 

5 Comments »

  1. ayu masluchana chusnul khotimah November 3, 2008 at 10:28 am -

    kayaknya enak banget tapi apa ada resep membuat puding yang istimewa tapi terbuat dari bahan yang sederhana???
    kan lumayan buat desert untuk orang”yang ingin merasakan puding tapi bahan n cara membuatnya mudah n murah…..he..he..he..90x.ntar klo ada e-mailin ke alamat e-mailku ya..thanks before..

  2. dian January 6, 2009 at 4:07 pm -

    sayang nih gak disertakan foto. . .pasti lebih menarik lg dan memicu kita utk mencoba langsung . . .

  3. 451 April 10, 2009 at 3:55 am -

    wah…….klo ada foto nya pasti lebih meyakinkan.
    tp kyk nya reserp ini terlalu rumit bg saya.

  4. untoro April 15, 2009 at 3:57 am -

    kelihatanya sih enak tapi lebih enak lagi kalo dikasih bentuk kuenya/ gambar trims

  5. endangmurtiningsih September 1, 2009 at 2:34 pm -

    resep ini emang kelihatan enak banget,cuma klo aq ganti
    jelinya sama jeli yg dah ada rasa dan warnanya bisa’kan???
    jd gak usah hrs bikin jeli lagi !!!

Leave A Response »

Top BlogsFood & Drink Blogs
Food & Drink blogs