RESEP ROTI TAWAR – Cara membuar roti tawar sederhana dan mudah

dwilaras February 28, 2013 52


    RESEP ROTI TAWAR

    resep roti tawar

    Roti tawar merupakan salah satu jenis roti yang bahan utamanya adalah tepung terigu, disebut roti tawar karena memang roti ini rasanya tawar. Mengenai seperti apa bentuk dan rasanya, sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih banyak lagi, karena roti ini sangat mudah dijumpai di toko-toko  sekitar kita. Bagi kamu yang ingin membuat roti tawar sendiri di rumah, silahkan simak resep roti tawar di bawah ini :

    Bahan untuk membuat roti tawar

    1. tepung terigu protein tinggi sebanyak 500 gram
    2. ragi instan sebanyak 2 ¼ sendok teh (7,5 gram)
    3. gula pasir sebanyak 30 gram
    4. susu bubuk sebanyak 30 gram
    5. air es sebanyak 350 ml
    6. mentega putih sebanyak 50 gram
    7. garam sebanyak 1 ½ sendok teh

    Cara membuat roti tawar

    1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata
    2. Tuang air es sedikit sedikit sambil diuleni sampai kalis
    3. Masukkan mentega putih dan garam, Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan
    4. Timbang masing-masing 190 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit
    5. Giling tipis memanjang. Gulung sampai dipadatkan dan ditekan. Giling lagi panjang dan gulung
    6. Letakkan di loyang roti tawar yang ada tutupnya ukuran 30 x 12 x 12 cm yang dioles mentega putih dan dialas kertas roti sebanyak 5 buah adonan. Oles juga tutupnya dengan mentega putih
    7. Tutup hingga ¾ bagian loyang. Diamkan 90 menit mengembang. Tutup loyangnya
    8. Kemudian masukkan dalam oven 40 selama menit pada suhu 180 derajat celcius sampai matang
    9. Roti tawar pun sudah jadi dan siap untuk disajikan

    Jika ingin mengetahui apakah kamu bisa membuat atau tidak, jangan hanya membaca resep roti tawar di atas. Namun segera dipraktekkan. Jika hasilnya belum sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan menyerah untuk mencoba lagi, karena mungkin saja ada yang terlewatkan. Selamat mencoba sobat.

    Apabila sudah bisa membuat roti tawar sendiri di rumah Dengan resep roti tawar ini, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Dengan bahan-bahan yang sudah jelas kamu ketahui tanpa ada bahan pengawet. Jadi makanan yang dimakan oleh keluarga atau orang terdekatmu lebih terjamin keamananannya.

     

    52 Comments »

    1. Ina November 29, 2008 at 3:19 am -

      Mkc. Ya to resep roti tawarnya. Tetep pake gula jg ya? Kan roti twr he5. Pokoknya mkc aja

    2. ichan March 16, 2009 at 12:54 pm -

      kok roti tawarnha gak pke telur gthu???
      terus kegunaan kertas roti nthu apa c???

      perasaan kok ribet iaa
      ternyata ada hitung2an nya iaa pada loyang…

    3. dwilaras March 16, 2009 at 11:49 pm -

      untuk membantu roti agar mengembang sudah menggunakan ragi mbak.. dan tidak menggunakan telur

      untuk membuat roti tawar memang agak repot mbak…

    4. che June 29, 2009 at 7:42 am -

      garam kok mskny belakangan knp ga brg dgn campuran yg pertama?bedany apa?

    5. Jimmy July 15, 2009 at 5:30 am -

      garam belakangan soalnya garam menghambat aktivitas ragi sekitar 20%. kalo bareng bahan laen bisa2 kurang mengembang roti nya, ato butuh waktu lbh lama untuk fermentasi nya.

    6. Nunu August 14, 2009 at 5:30 am -

      Sipp.. Coba ah.. Tp g pny loyangnya je,, oy mb, nek mskny d kukus jd kue apa y?

    7. Valen August 21, 2009 at 2:29 am -

      Adh..ribet ada yg lbh mdh lg nggak ya?

    8. edward_santi January 16, 2010 at 7:05 am -

      mbk, adonannya di aduk pake mixer atau aduk perlahan pake sendok aja??… tolong di balas.THX

    9. jie February 23, 2010 at 8:17 am -

      Mau tanya? Saya coba membuatnya, udah pakai ragi, tapi mengapa tidak mengembang ya, udah didiamkan 45menit, adonan ga ada tanda tanda mengembang. Trima kasih.

    10. Kampung Perawan October 25, 2010 at 1:39 am -

      Makasih infonya, langsung di coba.

    11. siti January 16, 2011 at 9:51 am -

      mba sya mau tnya mank bedanya tar pke sma yng engga pke tlor ap? trz bdanya pe susu bubuk sma freshmilk ap y??? mks y mb soalnya saya lgi percbaan wt dptin twar yng bagus tu gmna. . . .

    12. siti February 6, 2011 at 10:43 am -

      roti ku kok gag ngembang ya…
      kalo’ pakek air mentah (bukan air es) bisa gag?
      tolong di jawabya…(siapa aja yang tau)

    13. aat February 9, 2011 at 12:14 pm -

      kalau ditambah variasi buah atau kismis gmn ya….kapan masukinnya…hehe thanks ….

    14. Fernando February 16, 2011 at 11:30 pm -

      wah enak banget loh ku coba buat di kirain ku gagal emalah enak jadi ngembang…

    15. syamsul hadi February 23, 2011 at 8:01 am -

      roti tawar kalau sudah dingin koko minggang apa sebabnya

    16. syamsul hadi February 23, 2011 at 8:03 am -

      roti tawar kalau sudah dingin kok minggang apa sebabnya

    17. maharani February 27, 2011 at 8:26 am -

      iiih enak

      t

    18. Hilda March 26, 2011 at 12:12 pm -

      mau tanya nich ,,,,
      gimana cara pembuatannya apakah pake alat alat gx

    19. ade abidin March 31, 2011 at 4:52 pm -

      dikasih resep kok ngeyel…sih…!!! kalo ga mau ribet beli jadi ajaaaaaa guampang…!!! cuma Rp.8.000,-

    20. ada dehh April 24, 2011 at 10:26 pm -

      Nih resepnya menurut saya lohh banyak salahnya..
      Ragi semestinya sebungkus/500kg,ga mgkn ngembang kl pake 2 sendok..
      Gula semestinya pake gula halus,krn ga mgkn nyampur kl pake gula pasir,dijamin..
      Air semestinya pake air hangat,biart ragi bisa bekerja n ngembang sempurna..
      N satu lagi,pake pengempuk itu harus,kl ga rotinya jadi keras kaya batu..
      Kalo salah maaf,but menurut saya emang kekurangan resepnya..

    21. putra May 2, 2011 at 12:50 pm -

      tkc…dan pasti sangat bermanpaat untuk saya…

    22. sugiarto May 10, 2011 at 2:42 am -

      TQ infonya

    23. rose June 23, 2011 at 5:31 am -

      kalo pakai air panas, rangi nda membantu adonan mengembang. aturan dan urutannya sudah pas:) makasih info resepnya:)

    24. suninta June 27, 2011 at 1:59 pm -

      atas resepnya roti tawar saya berhasil menbuat rotinya <3
      anak saya semua suka <3
      alhamdullila sumiami saya jg suka <3

    25. Via July 1, 2011 at 1:05 pm -

      Oke, coba ah~ pasti enak

    26. m.bisri July 6, 2011 at 11:36 am -

      mbak santi kalo ngaduk janngan pake sendok nti tangannya jadi kasar soalnya tawar tu termasuk adonan padat lebih baik pake mikser aj.

    27. m.bisri July 6, 2011 at 11:39 am -

      untuk bma jie, coba priksa kembali apakah raginya dah kadaluarsa ap blm

    28. m.bisri July 6, 2011 at 11:46 am -

      mba siti, kalo bikin adonan roti tu wajib hukumnya menggunakan air es bila perlu pake es yang sudah di serut halus itu lebih baik tersetah pake air mentah atau mateng tu gak berpengaruh terhadap rasa roti. karena air dingi berfungsi untuk menahan ragi agar tidak langsun bereaksi karena adonan roti agak lama.

    29. m.bisri July 6, 2011 at 11:53 am -

      untuk mas sysmsul hadi, roti bisa minggang itu bisa disebsbksn tiga hal pertama mungkin pengempknya kurang berkualitas kedua ngopenya kurang mateng atau sti pertama sebelum di oven itu kurang lama, sampean dimana nti bisa aku ajari kl sampen mau silakan hubungi lewat sms atau telfon di 08563454478

    30. basoel July 7, 2011 at 4:34 am -

      ngemeng aj pade…
      w aj blom nyoba..

    31. suhada July 21, 2011 at 7:43 am -

      tolong kirimkan resep dan cara pembuatan roti tawaw

    32. baker-jfc July 29, 2011 at 11:03 am -

      numpang lewat,’n slm knal smw :) *ROCK*..

    33. baker-jfc July 29, 2011 at 11:07 am -

      dngn klik nama saya diatas (baker-jfc) kita jalin tali silaturahmi,thanks :)

    34. Via_alvia February 10, 2012 at 6:57 am -

      mbak, mas, pak, bu, maaf mau nanya kalo rotinya itu ditambahkan bahan2 lain (contohnya campuran buah2an) itu bisa ga ya? terus nyampurinnya gimana? makasih jawabannya, ini saya buat tugas sekolah :)

    35. Dwi hesty February 11, 2012 at 9:22 am -

      gimana klo bikin roti tawarnya tu pakai oven biasa (oven hock).bisa bagus ndak hasilya? mksh ya balasannya q tunggu….

    36. didi February 12, 2012 at 3:26 pm -

      ikut copy resepnya ya makasih…

    37. muhanang February 18, 2012 at 1:34 am -

      saudara2 yang kami hormati maksud tepung terigu prtotein tinggi itu apa , apa tepung terigu itu banyak macam dan mereknya , terus yang mempunyai protein tinggi itu tepung terigu yang mana , mohon infonya saudara2 sekalian

    38. pertiwi February 18, 2012 at 1:49 am -

      contoh terigu protein tinggi, cakra kembar
      contoh terigu protein rendah, kunci biru
      contoh terigu protein sedang, segitiga biru.

    39. Ai March 5, 2012 at 1:45 pm -

      Mksh resep nya
      Sengaja cari resep nh..Soal ny bapak suka x mnm kopi to teh ditemeni roti tawar.Fans brt roti.Jd sbg ank yg baik cb buat ndiri.. Hehe bljr skalian tk calon misua..
      Trims

    40. vivien March 21, 2012 at 3:10 pm -

      kl aq…ragi d cmpr air hangat (hangat …bkn panas)sdkt plus gula psr sdkt, aduk, diamkan sampe b’buih. nah..kl dah gn kn tw..ragi msh bgs p g.

    41. dani April 28, 2012 at 3:01 pm -

      trmksh Rsep ny..! Aku jdi tau nih bkin roti ny

    42. bu dewi May 11, 2012 at 11:17 am -

      mau tanya .. emang roti tawar gak pakek ragi ya….satu lg pulung memanjang maksudnya gulung apa pulung ya ….. trims resepnya

    43. gpenx May 13, 2012 at 8:42 pm -

      d sni roti tawar cuma 4 rebu, enak, gpl n gpr :D

    44. arya prayudi June 7, 2012 at 8:47 pm -

      resep rotinya kayaknya mdh dibuat…mdh2an enak rasanya. trm ksh…

    45. tari July 4, 2012 at 1:03 pm -

      trims ya resepnya

    46. linazuliani July 23, 2012 at 10:23 am -

      uleni itu apa sih tlng di jawab ya …

    47. admin July 25, 2012 at 8:57 am -

      @lina : diramesi

    48. sugiyono July 25, 2012 at 1:04 pm -

      apa sich bedanya TBM ama OVALET…saya pakai tbm kok ngak mau mekar tuch rotinya tolong donk di kasih solusi…

    49. enny October 2, 2012 at 2:21 pm -

      Bagaimana’kah cara pembuatan Roti Tawar Gandum??

    50. Mila December 17, 2012 at 6:45 am -

      Bagaimanakah cara membuat roti hamburger ?

    51. heri s March 28, 2013 at 3:24 pm -

      bagai mana cara membuat kue plemben kering

    Leave A Response »

    Top BlogsFood & Drink Blogs
    Food & Drink blogs