Resep Roti Tawar Sederhana Dan Muda

Roti tawar merupakan salah satu jenis roti yang bahan utamanya adalah tepung terigu, disebut roti tawar karena memang roti ini rasanya tawar. Mengenai seperti apa bentuk dan rasanya, sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih banyak lagi, karena roti ini sangat mudah dijumpai di toko-toko  sekitar kita. Bagi kamu yang ingin membuat roti tawar sendiri di rumah, silahkan simak resep roti tawar di bawah ini.

rotitawarsederhana

Bahan Membuat Roti Tawar

  • Tepung terigu protein tinggi sebanyak 500 gram
  • Ragi instan sebanyak 2 ¼ sendok teh (7,5 gram)
  • Gula pasir sebanyak 30 gram
  • Susu bubuk sebanyak 30 gram
  • Air es sebanyak 350 ml
  • Mentega putih sebanyak 50 gram
  • Garam sebanyak 1 ½ sendok teh

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata
  2. Tuang air es sedikit sedikit sambil diuleni sampai kalis
  3. Masukkan mentega putih dan garam, Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan
  4. Timbang masing-masing 190 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit
  5. Giling tipis memanjang. Gulung sampai dipadatkan dan ditekan. Giling lagi panjang dan gulung
  6. Letakkan di loyang roti tawar yang ada tutupnya ukuran 30 x 12 x 12 cm yang dioles mentega putih dan dialas kertas roti sebanyak 5 buah adonan. Oles juga tutupnya dengan mentega putih
  7. Tutup hingga ¾ bagian loyang. Diamkan 90 menit mengembang. Tutup loyangnya
  8. Kemudian masukkan dalam oven 40 selama menit pada suhu 180 derajat celcius sampai matang
  9. Roti tawar pun sudah jadi dan siap untuk disajikan

Jika ingin mengetahui apakah kamu bisa membuat atau tidak, jangan hanya membaca resep roti tawar di atas. Namun segera dipraktekkan. Jika hasilnya belum sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan menyerah untuk mencoba lagi, karena mungkin saja ada yang terlewatkan. Selamat mencoba sobat.

Apabila sudah bisa membuat roti tawar sendiri di rumah Dengan resep roti tawar ini, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Dengan bahan-bahan yang sudah jelas kamu ketahui tanpa ada bahan pengawet. Jadi makanan yang dimakan oleh keluarga atau orang terdekatmu lebih terjamin keamananannya.

Comments

  1. ichan says

    kok roti tawarnha gak pke telur gthu???
    terus kegunaan kertas roti nthu apa c???

    perasaan kok ribet iaa
    ternyata ada hitung2an nya iaa pada loyang…

  2. dwilaras says

    untuk membantu roti agar mengembang sudah menggunakan ragi mbak.. dan tidak menggunakan telur

    untuk membuat roti tawar memang agak repot mbak…

  3. says

    garam belakangan soalnya garam menghambat aktivitas ragi sekitar 20%. kalo bareng bahan laen bisa2 kurang mengembang roti nya, ato butuh waktu lbh lama untuk fermentasi nya.

  4. edward_santi says

    mbk, adonannya di aduk pake mixer atau aduk perlahan pake sendok aja??… tolong di balas.THX

  5. Chseco says

    tolong gambar cetakan rotinya yang detail dong, soalnya saya blm prnah lihat, saya mau bikin sendiri gtu lho.., thx.

  6. jie says

    Mau tanya? Saya coba membuatnya, udah pakai ragi, tapi mengapa tidak mengembang ya, udah didiamkan 45menit, adonan ga ada tanda tanda mengembang. Trima kasih.

  7. siti says

    mba sya mau tnya mank bedanya tar pke sma yng engga pke tlor ap? trz bdanya pe susu bubuk sma freshmilk ap y??? mks y mb soalnya saya lgi percbaan wt dptin twar yng bagus tu gmna. . . .

  8. siti says

    roti ku kok gag ngembang ya…
    kalo’ pakek air mentah (bukan air es) bisa gag?
    tolong di jawabya…(siapa aja yang tau)

  9. ade abidin says

    dikasih resep kok ngeyel…sih…!!! kalo ga mau ribet beli jadi ajaaaaaa guampang…!!! cuma Rp.8.000,-

  10. ada dehh says

    Nih resepnya menurut saya lohh banyak salahnya..
    Ragi semestinya sebungkus/500kg,ga mgkn ngembang kl pake 2 sendok..
    Gula semestinya pake gula halus,krn ga mgkn nyampur kl pake gula pasir,dijamin..
    Air semestinya pake air hangat,biart ragi bisa bekerja n ngembang sempurna..
    N satu lagi,pake pengempuk itu harus,kl ga rotinya jadi keras kaya batu..
    Kalo salah maaf,but menurut saya emang kekurangan resepnya..

  11. rose says

    kalo pakai air panas, rangi nda membantu adonan mengembang. aturan dan urutannya sudah pas:) makasih info resepnya:)

  12. suninta says

    atas resepnya roti tawar saya berhasil menbuat rotinya <3
    anak saya semua suka <3
    alhamdullila sumiami saya jg suka <3

  13. m.bisri says

    mbak santi kalo ngaduk janngan pake sendok nti tangannya jadi kasar soalnya tawar tu termasuk adonan padat lebih baik pake mikser aj.

  14. m.bisri says

    mba siti, kalo bikin adonan roti tu wajib hukumnya menggunakan air es bila perlu pake es yang sudah di serut halus itu lebih baik tersetah pake air mentah atau mateng tu gak berpengaruh terhadap rasa roti. karena air dingi berfungsi untuk menahan ragi agar tidak langsun bereaksi karena adonan roti agak lama.

  15. m.bisri says

    untuk mas sysmsul hadi, roti bisa minggang itu bisa disebsbksn tiga hal pertama mungkin pengempknya kurang berkualitas kedua ngopenya kurang mateng atau sti pertama sebelum di oven itu kurang lama, sampean dimana nti bisa aku ajari kl sampen mau silakan hubungi lewat sms atau telfon di 08563454478

  16. Via_alvia says

    mbak, mas, pak, bu, maaf mau nanya kalo rotinya itu ditambahkan bahan2 lain (contohnya campuran buah2an) itu bisa ga ya? terus nyampurinnya gimana? makasih jawabannya, ini saya buat tugas sekolah :)

  17. Dwi hesty says

    gimana klo bikin roti tawarnya tu pakai oven biasa (oven hock).bisa bagus ndak hasilya? mksh ya balasannya q tunggu….

  18. says

    saudara2 yang kami hormati maksud tepung terigu prtotein tinggi itu apa , apa tepung terigu itu banyak macam dan mereknya , terus yang mempunyai protein tinggi itu tepung terigu yang mana , mohon infonya saudara2 sekalian

  19. Ai says

    Mksh resep nya
    Sengaja cari resep nh..Soal ny bapak suka x mnm kopi to teh ditemeni roti tawar.Fans brt roti.Jd sbg ank yg baik cb buat ndiri.. Hehe bljr skalian tk calon misua..
    Trims

  20. vivien says

    kl aq…ragi d cmpr air hangat (hangat …bkn panas)sdkt plus gula psr sdkt, aduk, diamkan sampe b’buih. nah..kl dah gn kn tw..ragi msh bgs p g.

  21. bu dewi says

    mau tanya .. emang roti tawar gak pakek ragi ya….satu lg pulung memanjang maksudnya gulung apa pulung ya ….. trims resepnya

  22. sugiyono says

    apa sich bedanya TBM ama OVALET…saya pakai tbm kok ngak mau mekar tuch rotinya tolong donk di kasih solusi…

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>