Mengenali Fungsi Bahan-Bahan Pembuat Kue

ani suwito August 14, 2012 3


Fungsi dan Kegunaan Bahan Pembuat Kue

Untuk anda yang ingin belajar membuat kue, belajar mengenali bahan-bahan pembuat kue merupakan hal yang penting dan wajib kamu ketahui. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam membuat adonan. Dalam pembuatan kue, kesalahan kecil dapat mengakibatkan kue menjadi lain rasa maupun bentuknya, berbeda dengan memasak makanan biasa. Perhatikan bahan dan kegunaan pembuat kue yang paling banyak dipergunakan berikut ini.

Fungsi Baking powder atau bubuk pengembang.

gambar Baking powder

Baking powder adalah merupakan bahan pengembang (leavening agent) yang merupakan campuran antara sodium bikarbonat, sodium aluminium fosfat dan monokalsium fosfat. Zat-zat ini akan membentuk karbondioksida jika bertemu dengan air. Hal inilah yang membuat adonan kue mengembang. Bahan lain yang memiliki fungsi yang sama adalah soda kue atau baking soda. Komponen ini mengandung sodium bikarbonat saja, namun dalam pembuatan cake tidak bisa berdiri sendiri, ia harus dicampur dengan baking powder untuk menghasilkan cake yang baik. Untuk kue kering baking soda memberikan efek tekstur kering, garing dan renyah.

Fungsi Ovalet dan TBM

gambar ovalet dan tbm

Sebenarnya kedua jenis bahan diatas adalah merek dagang. Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pelembut atau emulsifier ketika membuat cake. Anda hanya perlu menggunakan salah satunya saja jika membuat cake. Fungsi emulsifier adalah membuat adonan menjadi lebih lembut dan menyatu. Hal ini akan membuat adonan stabil dan lembut. Sehingga ketika dipanggang bisa matang dengan sempurna. Bahan lain yang sifatnya hampir sama dengan Ovalet dan TBM adalah SP. Bahan ini melembutkan tekstur cake dan menyatukan adonan. Kandungan pada SP adalah gula ester yang merupakan asam lemak seperti asam steart, palmitic dan oleic. Penggunaan SP dalam cake lebih direkomendasikan karena hasilnya lebih stabil.

Fungsi VX pada adonan kue

VX pengembang gue

VX adalah bahan lain yang bersifat melembutkan adonan, namun sekaligus mengembangkan, berbeda dengan Ovalet, TBM dan SP. Komposisinya berasal dari Soidum bikarbonanat, sodium acid picorofosfat dan sari pati jagung. VX biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan cake sekaligus melembutkannya secara maksimal.

Tar-tar Cream

Tar-tar Cream

Krim ini dapat membantu mengeluarkan gas dalam adonan cake supaya dapat lebih mengembang. Biasanya digunakan untuk mengocok putih telur supaya bisa mengeras. Kandungan dari tar-tar cream adalah garam potassium (kalium) dan asam tartaric.

Fungsi Yeast atau ragi instan untuk kue

Yeast ragi instan

Ini adalah bahan pengembang yang menggunakan makhluk hidup sebagai agent-nya. Ragi menggunakan bakteri bersel satu dari golongan khamir yakni saccaromyces cerevisiae. Mikroorganisme ini akan melakukan proses fermentasi pada adonan roti dengan mengubah karbohidrat menjadi zat lain dan menghasilkan gas sampingan berupa karbondioksida. Bahan ini hanya dapat digunakan pada adonan roti seperti bakpau, donat dan lain-lain. Dibutuhkan waktu beberap saat setelah adonan dicetak untuk mengembang sebelum dipanggang atau digoreng. Cake dan kue kering tidak bisa menggunakan bahan ini. Ragi instan ini dijual dengan banyak merek, salah satunya adalah Fermipan.

Fungsi Bread improver untuk kue

Bread improver

Bahan ini khusus untuk roti yang dapat meningkatkan kualitas roti. Bisa dikatakan bahwa bahan ini merupakan campuran dari semua bahan yang ada diatas. Bahan ini terbuat dari berbagai macam campuran bahan aktif seperti ragi makanan, pelunak gluten, enzim dan emulsifier. Efeknya pada roti adalah menjadi lebih empuk, lembab dan seratnya lebih halus serta memperpanjang daya simpan. Dalam hal pembuatan, bahan ini akan mempersingkat waktu karena fermentasinya menjadi lebih singkat. Di pasaran, bahan ini dijual dengan beberapa merek, salah satunya adalah Unipan.

Terkadang dalam membuat kue berdasarkan panduan dari resep kue, hasil jadi tidak sesuai yang diharapkan. hal tersebut ada kemungkinan kita salah menentukan bahan karena kurang memahami fungsi dan tujuan masing-masing bahan. Jadi dengan mengetahui fungsi masing-masing bahan kue di atas, diharapkan dapat menghindari hal di atas.

 

3 Comments »

  1. anggerainy August 21, 2012 at 10:12 pm -

    Sy hobby masak, resep ini sgt membntu sy utk masakan yg sy inginkan .

  2. salma ihsni azzaro October 18, 2012 at 12:15 pm -

    saya tidak mau memasak karena tidak punya bahanya ????????????

  3. Riana November 8, 2012 at 4:24 pm -

    Bread improver sama ragi bedanya apa ya? sama-sama ngembangin kan y?

Leave A Response »

Top BlogsFood & Drink Blogs
Food & Drink blogs